Belajar Menjadi Blogger Anti Mager


Peserta & Panitia Workshop
Sebagai angkatan ke tujuh belas komunitas FLP Jakarta, sebenarnya bisa dibilang sudah sejak lama tergabung menjadi anggotanya. Namun sayang, saya termasuk anggota tidak aktif. Banyak event saya lewatkan, bahkan para anggotanya hanya beberapa yang dikenal. Disitulah kadang muncul rindu... 😁

Mulanya karena penasaran dengan dunia kepenulisan, saya pun mendaftarkan diri. Setelah pertemuan selama 6 bulan diikuti, ilmu baru saya dapatkan, motivasi untuk terus berkreasi pun seakan menyulut keinginan ketika berkumpul bersama teman-teman. Setidaknya beberapa materi telah saya praktekkan, meski sekedar latihan sepertinya cukup efektif dalam mengasah apa yang disuka. Akan tetapi tidaklah mudah untuk terus konsisten, ada saja kendala menghentikan. Entah itu terlibat dalam setiap kegiatan atau mengikuti event kepenulisan, keduanya terlantarkan.

Mengikuti Workshop Perdana Blogger FLP Jakarta


Saat mengetahui acara Workshop Blogger diadakan oleh FLP Jakarta, merasa memiliki kesempatan terlibat lagi dalam kegiatan FLP, jadilah saya ikut serta. Bertempat di kantor Proxsis Consulting Group di Permata Kuningan Building, Jakarta Selatan, acara yang berlangsung pada hari Minggu (28/01/2018) kemarin, mengambil tema "Blogger Anti Mager". Hal ini juga menarik bagi saya, sebagai blogger yang terkurung dalam zona nyamannya.

Para peserta dikumpulkan dalam sebuah ruang serupa kelas belajar, di mana telah tersedia kursi beserta meja dan lengkap dengan goodie bagnya. Sebelum memulai materi, Mba Shinta Sofiana Dewi selaku MC mengucapkan salam pembuka dan membacakan susunan acara selama ±3 jam ke depan. Selanjutnya, ayat suci dibacakan oleh Mas Huday (salah satu peserta) mengambil Q.S. Al-Mulk. Lalu, sambutan-sambutan pun diberikan oleh para pemilik acara.

Mba Shinta membuka acara
Mas Imam & Mas Afilin memberikan sambutan
Mas Imam Buchori, selaku Ketua Panitia Workshop mengawali secara singkat, dengan rasa syukur dan ucapan terima kasihnya kepada para peserta juga pihak-pihak yang terlibat. Sambutan kedua pun disusul oleh Mas Nur Afilin, selaku Ketua FLP Jakarta. Mas Afilin menyampaikan harapannya agar dapat ngeblog secara maksimal dan acara workshop ini diadakan secara berkelanjutan sesuai yang dijadwalkan. Oleh sebab workshop perdana, sekaligus menjadi peresmian blogger FLP Jakarta, untuk terus mengikuti acara di tempat yang sama selama satu tahun.

Menyelami Dunia Blog 
Menjadi blogger, tentunya terlebih dahulu harus punya blog. Tapi, kadang kita lupa alasan awal membuat blog dan tulisan seperti apa yang hendak dimasukkan ke dalamnya. Itu pula yang melemahkan ekspektasi ketika menjawab kuesioner seputar ngeblog, terlebih blog saya bukanlah niche blog. Mengikuti workshop blogger FLP Jakarta ini, saya diingatkan kembali mengenai seluk beluk blog melalui materi yang disampaikan oleh Bang Jun Joe Winanto, seorang blogger profesional.

Mas Jun berbagi pengalaman ngeblog
Blog kependekan dari weblog, yang dapat diartikan sebagai jurnal online atau situs informasi yang menampilkan urutan kronologis terbalik, di mana postingan terbaru muncul lebih dulu, diikuti postingan lama. Menurut Bang Jun, "Blog itu seperti arsip, tempat menyimpan seluruh tulisan-tulisan kita."
 
Dengan seringnya menulis dan semakin giatnya berlatih, kita akan menemukan passion menulis sesuai dengan karakter diri. Menghindari hasil copy paste karya orang lain atau mengikuti trend tanpa menguasai bidangnya, karena akan berakibat tidak baik di kemudian hari.

Sebagaimana yang dikatakan Bang Jun, bahwa "Ngeblog itu untuk keabadian," maka teruslah menulis melalui blog, karena apa  pun yang ditulis barangkali akan bermanfaat untuk orang lain sekaligus nama kita akan tetap dikenang hingga akhir nanti. Itulah sebabnya sebagai blogger janganlah takut keluar dari zona nyaman, teruslah bergerak mencari bahan pemberitaan untuk menghidupkan blog, melalui tulisan yang diposting. Menjadi blogger #antimager berarti:
1. Butuh update informasi/berita yang sering.
2. Mempromosikan keterlibatan pembaca.
3. Pembaca punya kesempatan komentar.
4. Pemilik blog update/posting secara reguler. 
5. Elemen kunci yang statis (tanggal terbit, penulis, kategori, tag, dan lain-lain).
6. Konten di blog punya potensi menawarkan "sesuatu" setiap minggu/bulan.

Adapun manfaat menulis di blog, diantaranya :
1. Dapat mengekspresikan diri.
2. Memberikan informasi/berita kepada orang lain.
3. Promosi diri.
4. Terhubung dengan orang yang berpikiran sama.
5. Menambah pengetahun.
6. Mendapat pekerjaan yang lebih baik.
7. Meningkatkan kemampuan menulis.

Serunya acara diwarnai canda tawa, terutama gurauan yang terus dilemparkan pemateri sanggup ditangkap jenaka peserta. Selayaknya orang yang terlanjur akrab, tema yang terbilang serius mampu dinikmati secara santai dan nyaman tanpa mengurangi nilai sebuah ilmu.

Menutup materi, Bang Jun memotivasi peserta untuk memulai menulis melalui tantangan yang diberikan :"Buat minimal 2 paragraf tulisan, masing-masing 60 kata dan posting di blog. Waktu diberikan sekitar 30 menit."

Suasana di ruang kelas
Peserta seperti sedang berlomba mencari ide tulisan, tapi semakin saya merasa dikejar keadaan maka seakan buntu tiada menghasilkan. Setelah menghabiskan beberapa menit, barulah saya paksakan mencari-cari hasil petualangan yang kiranya masih jelas dalam gambaran (syarat aja sih, jadi hasilnya kurang memuaskan... hehehhe).

Hadiah Tak Terduga
Selama acara workshop, panitia memberikan bermacam tantangan (selain membuat postingan di blog), antara lain : Lomba foto IG, Lomba foto foodgram, menjawab pertanyaan panitia, penanya pertama, peserta pertama, dan doorprize. Jadi, sudah tentu ada hadiah yang bagi-bagikan kepada pemenang.

  
Para pemenang yang mendapat hadiah

Keberhasilan workshop perdana ini 'tak lepas atas dukungan dan kerja sama pihak terkait, antara lain :

1. Proxsis Consulting
Tempat training IT dan multimedia, tempatnya yang nyaman, cozy, dan proxis space, cocok dijadikan sebagai acara komunitas atau lainnya. Ada beberapa tingkatan proxis space yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, yaitu sharing, discusing dan reporting. Sambutannya ramah dan hangat, tentu membuat kami sebagai pelanggan betah. Dapat berkunjung langsung ke kantornya di Gedung Permata Kuningan Lantai 17 Jl. Kuningan Mulia Kav.9 Kawasan Epicentrum HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut, hubungi nomor : (021) 83708679, Email : info@digitalfinger.com, Web : www.proxsisgroup.co

2. Forbento
Menjual buku dan keperluan membuat bento
IG : http://instagram.com/forbento
FB : https://www.facebook.com/forbento/

3. Zada Food
Supplier frozen food yang menjual kebab, pizza, siomay, dan lain-lain.
IG : https://www.instagram.com/zadafood_official/
FB : https://www.facebook.com/ZadaFoodJakarta/

4. Let's Go Chicken
Menjual burger, kentucky, dan berbagai minuman.
IG : http://instagram.com/letsgo.chicken
FB : https://www.facebook.com/letsgochicken/

5. Sheba
Produsen jas hujan muslimah dan dompet waterproof dan dikenal dengan jargonnya "tetap cantik saat hujan".
IG : http://instagram.com/sheba_id
FB : https://www.facebook.com/JasHujanMuslimahSheba/
Web : www.sheba.id

6. Supertwin Shop
Online shop yang komitmen untuk menjual produk asli dalam negeri. Ada produk jaket, jas hujan, hijab, tas.
IG : http://instagram.com/supertwinshop
FB : http://facebook.com/Supertwinshop
Web : www.supertwinshop.com

3 Komentar

  1. Bagus kok ulasanya, hrsnya ikut lomba blognya, mb ja tu ga ngeh klau buat lomba, posting aja gt. Semamgat nuliiissss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih 😊, tp lg kurng fit nih. Mb Ani jg terus semangat nulis ya..

      Hapus
  2. Ditunggu kehadirannya di kelas berikutnya ya ^^

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama