Cantik dan Awet Muda Dengan Menjaga Kolagen

Terlihat cantik dan awet muda tentu menjadi dambaan setiap wanita. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan kulit yang kencang dan kenyal, dari yang alami hingga mengambil resiko tertinggi sekali pun seperti operasi. Tapi tahukah Anda ? Hal yang paling berpegaruh terhadap kekenyalan kulit kita adalah dengan adanya kolagen yang masih tersimpan. 

Seperti dilansir dari booklet Natural Times Edisi 11 tahun 2012,  selain air kulit kita terdiri lebih dari 70% kolagen. Kolagen merupakan protein terpenting dalam tubuh manusia, berupa struktur organik yang memberi kekuatan dan kekencangan serta elastisitas pada kulit.

Proses penuaan kulit selain terjadi pada usia 30 tahun ke atas, juga terjadi secara dini, yang pada usia relatif masih muda (20 -25 tahun) tak jarang ditemukan kerutan di wajah. Garis halus disebabkan karena pemukaan kulit yang sangat kering, sedangkan kerutan dan garis pada leher disebabkan karena berkurangnya kolagen

Adapun manfaat kolagen untuk kulit yaitu :
1. Menjaga Kelembaban Dan Mencegah Keriput
Sebagai nutrisi kulit, kolagen membantu memelihara keremajaan kulit, melembabkan dan membuat kulit lebih bercahaya.

2. Memperbaiki Jaringan Kulit Yang Rusak
Kolagen dapat meningkatkan produksi sel-sel kulit baru dan memulihkan masalah kulit, seperti luka, garis halus dan kerutan. 

3. Mengencangkan Payudara
Kolagen merupakan komponen utama dari jaringan-jaringan penyambung dalam pembentukan payudara, dan bertindak dengan protein polisakarida untuk menyokong dan mengencangkan payudara.

4. Mencerahkan Kulit dan Mengurangi Pigmen
 Dengan pembentukan sel-sel baru yang dihasilkan oleh kolagen, maka dapat membantu mencerahkan kulit dan mencegah pengumpulan pigmen dan racun karena dapat merapatkan sel-selnya.

5. Menunda Proses Penuaan Dini
Kolagen penting untuk memelihara kecantikan dan keremajaan kulit. Dan apabila produksi kolagen dalam tubuh berkurang maka kulit akan terlihat kering dan kusam.

Adapun faktor yang menyebabkan produksi kolagen berkurang diantaranya yaitu karena kurang istirahat, perubahan musim, sinar UV, polusi, sering marah, stress dan pola hidup tidak sehat. Jika hal tersebut tidak segera diatasi, maka akan terjadinya percepatan produksi kolagen yang semakin berkurang sehingga terjadinya proses penuaan dini, yang tentunya akan mengganggu penampilan kita.

Cara efektif yang harus dilakukan agar wajah terlihat segar yaitu dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan kolagen di dalamnya, yaitu :
1. Protein

dinkes.sumbarprov.go.id

Selain sebagai sumber energi, protein berperan sebagai pembentukan dan perbaikan sel dan jaringan yang bisa membantu mengurangi perusakan kulit. Makanan yang mengandung protein seperti susu, telur, daging, ikan, keju dan kacang-kacangan.

2. Vitamin C

www.organicfacts.net

Vitamin C dapat menguatkan jaringan kolagen, mengurangi kerusakan sel dan proses penyembuhannya. Vitamin C berguna untuk membentuk antioksidan dan mencegah partikel berbahaya yang dapat merusak kulit. Vitamin C dapat ditemukan dari buah-buahan seperti : jeruk, apel, kiwi, tomat, pepaya dan buah berry-berry-an. Selain untuk dikonsumsi juga bisa dijadikan sebagai masker, dengan cara melumatkan daging buahnya lalu menempelkannya pada wajah yang telah dibersihkan, diamkan 20 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Asam Lemak Omega-3

cybermed.cbn.net.id

Asam lemak omega-3 dapat membantu menjaga kulit dari dalam, mencegah dehidrasi dan kekeringan, meningkatkan produksi kolagen kulit serta membantu mencegah pembentukan garis-garis halus dan kerutan. Asam lemak omega-3 didapatkan dari ikan yang berminyak, biji rami dan walnut.

Disamping mengkonsumsi makanan tersebut, hal penting lainnya yaitu dengan rutin berolah raga, istirahat cukup, hindari makan sembarangan dan banyak minum air putih. Jika dilakukan dengan benar, maka produksi kolagen akan tetap terjaga sehingga kulit kita akan sehat dan terhindar dari proses penuaan dini.

Dari berbagai sumber.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama