Berbagi Dalam Karya




Telah kujalani beberapa tahun hidup dengan banyak rencana dan harapan, kadang berjalan baik dan tanpa kendala berarti, namun tidak jarang pula harus mengalami kegagalan. Aku sadar, semua kegagalan itu menjadikanku semakin memahami arti kehidupan. Semua orang pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya, namun merajut asa adalah bagian dari proses mengalahkan kegagalan itu sendiri.

Aku bukannya ingin berbicara tentang kesuksesan atau kegagalan, tapi tentang harapan di masa yang akan datang. Di mana prosesnya ingin dan akan kumulai semenjak sekarang. Ada beberapa tahap yang harus kupelajari dan jalani, paling tidak bisa fokus mengerjakannya.

Semoga dalam kurun waktu dua tahun mendatang, aku bisa membuat buku atau novel. Ya, aku selalu suka dengan cerita-cerita yang mengandung pesan moral. Selain merasa diri masuk ke dalam salah satu tokoh yang diceritakan, aku juga merasa berkeinginan menciptakan karya yang sedemikian menarik.

Salah satu novelis yang aku suka adalah Mba Asma Nadia. Karya-karya beliau sangat menginspirasi banyak orang, dengan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Tentu aku tidak lupa dengan salah satu karyanya yang berjudul "Assalamu'alaikum Beijing", telah menuai sukses di pasaran. Kisah cinta dalam nuansa dakwah, menjadi sebuah renungan islami yang syarat makna.

Tetapi harapanku tidak setinggi itu, ingin bikin novel yang difilmkan. Hanya sekedar ingin berbagi cerita, karena setiap orang memiliki kisahnya masing-masing, melalui sudut pandang dalam menyikapi permasalahan hidup, baik itu suasana senang dan juga sedih. Barangkali karyaku akan juga bermanfaat, itulah harapanku. :)

Bagi sebagian orang, mungkin membuat novel tidak butuh waktu terlalu lama (tidak sampai dua tahun). Akan tetapi, sebagai pemula aku ingin semuanya diteliti secara mendalam, tentang tokoh, lokasi dan alur yang tepat. Sehingga apa yang akan diceritakan, nantinya akurat dengan apa yang nyata. Syukur-syukur semuanya bisa selesai kurang dari dua tahun, namun yang jelas ceritanya harus orisinil.

Berbagi ilmu dan pengalaman melalui suatu karya merupakan cara efektif, yang bisa dilihat dan dinikmati oleh semua orang. Siapa tahu apa yang kita tulis dan hasilkan akan menjadi pelajaran untuk orang lain, sehingga bisa diambil hikmahnya. Berusaha untuk tidak melakukan kesalahan, seperti yang telah terjadi dan memperbaiki keadaan agar tidak lebih buruk lagi.



  "Diikutsertakan dalam #TantanganMenulis | Tema : Sesuatu untuk dirimu 2 tahun mendatang."


2 Komentar

  1. Wah harapannya bikin novel ya mbak...
    Aku juga pengen bikin juga tapi selalu mentuk di outline novelnya. Pernah sempet ketulis tapi cuman mpe bab dua doang hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kayanya seru berimajinasi lewat novel.
      Emang susah2 gampang sih, kaya skripsi. klo ditunda malah jadi lama gak selesai2... ;p

      Hapus
Lebih baru Lebih lama