Memaknai Hijrah Sebenarnya


Undangan itu datang di akhir November, untuk menghadiri Milad 4 Blogger Muslimah pada hari Minggu, 09 Desember 2018. Aku yang terasa jauh dari dunia perblogeran menyambut antusias acara tersebut. Melengkapi formulir pendaftaran yang sedianya harus diisi.

Memang bukan kali pertama acara seperti ini kuikuti, sehingga tahulah banyak ilmu yang akan didapat nanti. Kesibukan lain pun tidak bisa menghalangi, justru seperti didukung keadaan. Jadilah rencana semula terwujud, yaitu turut memeriahkan acaranya Blogger Muslimah. Apalagi bintang tamunya seorang penyanyi yang sempat naik daun di era sembilan puluhan hingga awal dua ribuan. Ialah tERe, hendak berbagi pengalaman spiritualnya kepada kawan-kawan sesama muslimah supaya teguh dalam keislamannya.

Karena tema yang diusung "Menuju Hijrah Kaffah" maka acara pun dimulai dengan pembicaraan seputar hijrah. Makna hijrah sendiri sering dikaitkan dengan perpindahan Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah atau Isra Mi'raj. Fase ini merupakan keputusan yang penting bagi seseorang untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik. "Hijrah itu sangat luas maknanya," simpul Uni Via, sapaan akrab Novia Syahidah Rais. Hijrah itu bisa dari segi pemikiran, ibadah, akhlak atau perbuatan lainnya untuk meninggalkan sesuatu yang bertentangan dengan syari'ah Islam menuju ke hal yang diridhai Allah SWT.


Dalam kesempatan ini, Uni Via juga menceritakan proses hijrahnya dari mulai mengenakan jilbab sejak SMA, hingga pada suatu waktu diberikan mimpi seolah sedang berada di padang mahsyar. Kejadian itulah yang membuatnya terus mendalami Islam, "Semakin belajar Islam, maka kita akan semakin memahami tujuan hidup," tekannya. Maka diputuskanlah di akhir Ramadhan tahun 2017 lalu, mulai memantapkan diri memakai niqab (cadar).

Selain Uni Via, peserta lain turut berbagi pengalamannya yaitu Mbak Ria telah berhijab ketika bertemu teman yang menginspirasinya. Ada juga Mbak Denik, mendapat hidayah memakai hijab setelah mendengarkan radio dan rela berhenti dari pekerjaan untuk mempertahankan keyakinannya tersebut. "Hidayah itu harus dijaga," ucapnya.

Mengingat keimanan seseorang itu bisa naik turun, maka kita pun harus terus memupuk dan merawatnya agar tidak mudah goyah. Di pertemuan kali ini, para peserta seperti diberikan siraman rohani, sebagai cambuk akan amal ibadah yang sudah dilakukan dan pengingat akan keislaman kita.

Kutemukan Kebenaran dalam Islam

Nama lengkapnya Theresia Ebenna Ezeria atau lebih familiar dengan panggilan tERe. Meski suaraya parau saat mengisi acara, namun semangatnya terasa mengalir memenuhi seisi ruangan. Untungnya tidak diminta menyanyi, sekedar menyadarkan kami yang terlena atas kemudahan dalam memperoleh agama Islam.

Ia lahir dan besar di tengah keluarga dengan ajaran Kristen Katholik. Perjalanan spiritualnya dimulai ketika ditemukan beberapa ajaran dalam agamanya ternyata kurang diterima logika oleh mbak tERe. Hingga suatu ketika perkataan seorang teman berpengaruh kuat terhadap perubahan berpikirnya. Tentang keberadaan Yesus dalam Islam, bukan sebagai Tuhan melainkan Nabi Isa. Dari situlah  mbak tERe  melakukan riset secara mendalam dan logikanya mulai menerima kebenaran dalam Islam.

Namun keraguan membuatnya tidak langsung berpindah agama. Sampai Allah SWT datangkan hidayah melalui mimpi yang membuatnya takut akan kematian. Dan setelah melalui proses "perang batin" barulah diyakininya bahwa Islam adalah agama yang paling sempurna dan benar. Legalah rasanya ketika ucapan dua kalimat syahadat yang berarti "Tiada Tuhan Selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah" selesai diucapnya.

Konflik di lingkungan keluarga pastilah harus ia hadapi, terlebih kepercayaan Batak yang sangat kuat. Mbak tERe kemudian memilih tinggal bersama sang ayah, yang lebih dulu masuk Islam. Secara perlahan ajaran Islam dipatuhi, kerudung mulai dikenakan meski tampak tidak rapi dan pengajian pun diikuti. Kemudian titik balik ditemukan ketika sang ayah menderita sakit hingga menjelang ajalnya harus murtad (kembali Kristen) akibat ujian yang tidak sanggup ditanggungnya.


Mengenang peristiwa yang menimpa sang ayah, mbak tERe pun merasa sangat kecewa dan terpukul. Dari situlah ia berkeinginan kuat untuk memegang terus agama Islam, sebagai kepercayaannya dan melakukan perbaikan ke arah yang lebih baik lagi, yaitu dengan hijrah kaffah, menuju muslim yang sesungguhnya.

Ada semacam ketakutan yang menyelinap ketika kisah itu kudengar langsung. Betapa rapuhnya keimanan seseorang, sangat mudah dibolak-balik keadaan. Wajar bila mbak tERe berpesan, "Pegang agama ini, jangan sampai lepas," sembari gigi gerahamnya diadu seolah sedang menggigit. Sepertinya harapan setiap muslim pun sama dengan mbak Annisa, nama hijrah tERe.

Sungguh kisah yang sangat menginspirasi, agar kita selalu memegang teguh agama dan akidah serta bisa melakukan hijrah yang kaffah, hijrah menyeluruh selayaknya muslim sejati. Semoga kita semua tetap istiqomah berjuang di jalan Allah SWT. Aamiin.

Kemeriahan acara Milad 4 Blogger Muslimah ini tidak lepas dukungan dari : 

1. Nutrifood Inspiring Center

Asyiknya tempat berbagi pengalaman membuat kita santai dan leluasa, jadi tidak perlu menutupi rasa haru setelah mendengar cerita mbak tERe. Adalah Nutrifood Inspiring Center yang sudah berbaik hati menyediakan tempat seolah di rumah sendiri, bebas gangguan dan kerusuhan.

Nutrifood Inspiring Center merupakan co-working space dengan nuansa healthy and green, sangat terasa hommy karena kebersihan dan kerapihan dipastikan terjaga dengan baik. Barangkali inilah salah satu alasan para peserta tidak diizinkan membawa putlock gorengan. Tempat yang ditujukan untuk stakeholders Nutrifood, rekan-rekan media, komunitas dan karyawan ini telah ditunjang dengan WiFi serta disediakan snack sehat lagi gratis. Jadi selama ada di Nutrifood kita bakal dibuat betah.


Lokasinya yang berada di Apartemen Menteng Square, Jakarta Pusat tentunya starategis dan cocok bagi rekan-rekan media untuk singgah selagi menunggu liputan selanjutnya. Kalau mau bukti coba intip langsung di IG @nutrifood

2. Purbasari Makeup

Melengkapi pertemuan kali ini, Purbasari Make-Up menjadi salah satu sponsor yang siap berbagi ilmu kecantikan kepada kaum hawa. Mbak Allicia Deana, selaku Brand Executive Purbasari Makeup menceritakan perjalanan panjang Purbasari. Purbasari lahir pada tahun 1993 di bawah PT Gloria Origita Cosmetics.

Di awal berdirinya, Purbasari berfokus pada produk skincare dengan meluncurkan lulur mandi purbasari, hand body lotion dan sabun mandi. Kalau lulur mandi Purbasari tentu sudah familiar dan sering kita temukan di swalayan.

Menyadari bahwa mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, maka Purbasari sangat concern dengan sertifikasi halal dari MUI dan sertifikat BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), dan berhasil didapat untuk setiap produknya. Sehingga tidak perlu ada rasa khawatir atau ragu bagi muslimah untuk memakai produk Purbasari.

Untuk lebih meyakinkan lagi, kami pun diberikan tutorial oleh mbak Ida. Akan tetapi, sebelum mengaplikasikan makeup sebaiknya perhatikan dulu tips dasar dalam ber-makeup berikut :
1. Jenis Kulit
Ketahuilah jenis kulit masing-masing, apakah normal, kering, berminyak, atau kombinasi. Karena jenis kulit akan menentukan produk yang cocok untuk digunakan.
2. Bahan Dasar Kosmetik
Untuk menghindari iritasi atau akibat lain penyebab kulit rusak, maka kita pun sebaiknya mengecek kandungan yang terdapat dalam kosmetik tersebut, cocok atau tidak dengan jenis kulit kita.
3. Warna Kulit
Umumnya warna kulit Indonesia sawo matang, namun ada juga yang putih dan kuning langsat. Jadi hindarilah penggunaan makeup yang terlalu berlebihan.
4. Kosmetik yang Aman
Terdapatnya kandungan merkuri, formalin, dan bahan berbahaya lainnya dalam kosmetik, tentu membuat kita harus waspada dan lebih teliti dalam memilih produk yang aman. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya label halal dan sertifikat BPOM.


Setelah memahami pentingnya mengenali jenis kulit, barulah makeup natural bisa kita aplikasikan dengan aman :
1. Gunakan milk cleanser pada titik wajah tertentu, usap merata pada wajah sambil dipijat lembut, lalu bersihkan dengan kapas. Produk Purbasari mengandung ekstrak bengkuang dan mentimun, hingga terasa segar di kulit.
2. Bilas dengan kapas yang telah dibasahi face toner. Cukup tepuk-tepuk lembut, untuk menutup pori-pori yang sempat terbuka ketika memakai milk cleanser.
3. Aplikasikan moisturizer, produk Purbasari yang terbuat dari buah markisa. Apabila kulitnya kering, gunakan agak banyak, sedangkan kulit berminyak gunakan sedikit saja.
4. Aplikasikan Foundation/ BB Cream. Produk Purbasari ini mengandung ultra protection sehingga dapat melindungi kulit dari paparan cahaya matahari.
5. Aplikasikan BB Flawless Two Way Cake, untuk makeup tahan lama dan meratakan warna kulit.
6. Aplikasikan Purbasari Ultra-Smooth Brow Liner, salah satu produk terbaru dari Purbasari. Pensil alis dengan sistem retractable/tanpa raut. Bentuk ujung telah disesuaikan dengan bentuk alis alami, sangat mudah diaplikasikan sehingga menghasilkan riasan alis yang sempurna, rapi dan alami. Teksturnya pun lembut dan dapat menghasilkan warna yang natural, tentunya cocok bagi remaja hingga dewasa.
7. Aplikasikan eye shadow, mulai dari kelopak mata hingga ujung, ratakan dengan kuas lalu baurkan dengan jari agar menyatu.
8. Aplikasikan Eyeliner Intense Color Liquid Liner, produk terbaru dari Purbasari yang berbentuk spidol sehingga mudah dan praktis digunakan. Mengandung formula waterproof yang tahan lama sepanjang hari dan tetap terlihat rata terus menerus.
9. Aplikasikan Blush On. Balurkan dari tulang pipi atas ke bagian bawah, lalu ratakan hingga bawah mata.
10. Terakhir aplikasikan lipstik secara merata.

Untuk detail produknya, bisa dilihat di IG @purbasarimakeupid

3. Warung Jande


Asal kata dari jajanan desa, terdiri atas beragam makanan tradisional yang dikemas modern dan kekinian. Terbuat dari bahan alami dan dijamin bebas pewarna ataupun pemanis buatan  Jajanan menyehatkan ini mengusung tagline 'Jajanan Desa Sederhana Kaya Rasa'. Contoh saja ketan yang dibawa Mbak Denik, sang pemilik warung setiap peserta menyukai rasanya yang legit dan gurih.

Ialah usaha meneruskan apa yang diwariskan orang tua, kemudian dibuatlah inovasi mengikuti perkembangan di masyarakat tapi tetap mempertahankan cita rasa asli. Jajanan lainnya bisa diintip di IG @Warung_Jande atau pesan langsung ke WA : 085782309534.

4. Rumaisha by Zasa

Rumaisha adalah brand lokal karya Zasafiana Djamal, mengusung konsep elegan syar'i pada produk muslim dan wedding dress. Salah satu produk Rumaisha basic warnanya hitam dengan keunikan tersendiri, yakni bisa bersinar dalam kegelapan karena adanya hiasan batu-batu kristal dan payet, berpadu pada bahan tulle dan brokat.

Keunikan produk Rumaisha lainnya bisa dilihat di IG @rumaisha_by_zasa

5. Mozlaik

Mozlaik adalah merk dagang dengan tagline 'Indah Sesuai Sunnah' yang memproduksi busana muslimah syar'i dengan memberdayakan konveksi rumahan, bukan produk pabrikan. Mozlaik sendiri diambil dari dua kata yaitu Most Like.

Produknya terdiri dari bergo, pashmina, dan niqab. Semua produk mozlaik dilengkapi dengan cadar. Bahannya berkualitas namun harga tetap bersahabat. lntip semua produknya, karena tas juga ada lho, bahannya pilihan karena ramah lingkungan, IG : @mozlaik atau pesan langsung ke nomor 0817203372 atau 081285957722.





2 Komentar

  1. Wow, urutan aplikasi make up-nya runut, Mba. Makasih yaa sudah berbagi...

    BalasHapus
  2. Masya Allah. Semoga menginspirasi.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama