Baju Terbaik Lebaran

Sewaktu kecil, membeli baju untuk dipakai di hari lebaran sepertinya sudah menjadi keharusan dan kebutuhan yang harus tercatat dalam daftar belanja. Entah karena keinginan orang tua atau anaknya sendiri minta, secara tradisi orang di sekitar pun acap kali menanyakan, "Sudah beli baju lebaran belum?"

Anak-anak akan menjawab polos, dengan mimik lucunya menyiratkan kebahagiaan apabila telah memiliki baju lebaran tapi mukanya akan tampak kecewa jika ternyata belum ada, lalu merengek minta dibelikan. Sepertinya kurang afdhol kalau di hari lebaran tidak memakai baju baru dan anak pun biasanya akan merasa minder.

(Image)
Barangkali itu sedikit gambaran tentang baju lebaran semasa kanak-kanak, karena semakin dewasa maka beli baju lebaran seolah syarat semata. Biasanya Ibu yang lebih rajin mengingatkan, setelah melihat koleksi bajuku sudah harus diperbaharui.

Sebenarnya ada perasaan malas menggelayut untuk belanja baju lebaran, yang sudah tidak begitu penting bagiku. Melihat animo masyarakat yang berbondong-bondong berburu baju lebaran, hingga rela berdesak-desakan di hampir setiap pusat perbelanjaan. Semua terjadi setiap tahun dengan intensitas yang semakin tinggi. Pemandangan semacam itu sering membuatku pusing dan lemas. Walaupun bisa belanja dengan cara online, namun belanja offline terkadang lebih memuaskan secara nyata. Akan tetapi, seberapa pentingkah baju lebaran itu?

Tradisi baju lebaran jika ditafsirkan adalah bentuk penyambutan datangnya hari raya, selain diiringi takbir yang berkumandang, maka hati dan pakaian pun harus bersih. Penggambaran kata bersih inilah kerap diidentikkan dengan 'baru'. Padahal, baju lebaran tidak harus baru, yang penting bersih dan rapi untuk dipakai menyambut hari kemenangan, yaitu Hari Raya Idul Fitri.

Jika memang memiliki kemampuan untuk membeli baju baru, pilihlah yang sesuai dengan syari'at Islam. Sederhana dan santun lebih disukai. Sesungguhnya hari raya adalah bagi orang yang bertambah ketakwaannya, setelah sebulan lamanya berpuasa sepatutnyalah mampu meningkatkan amalan ibadah kita. Jadi, niatkan bahwa membeli baju lebaran untuk berhias dengan pakaian terbaik di hari raya, jauhkan diri dari kesan sombong atau pamer, yang bisa menjauhkan pahala sunah dari Allah SWT. 



#Day_24
#30HariKebaikanBPN



2 Komentar

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus
  2. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama