Bijak Dalam Memanfaatkan Promo Belanja Online

Credit
Di zaman yang serba cepat dan canggih seperti sekarang, masyarakat terbiasa dimanjakan dengan penggunaan internet untuk hampir setiap aktivitas yang dilakukannya. Mulai untuk berkomunikasi, transaksi perbankan, media pembelajaran serta transaksi jual beli online. Dan yang semakin hari semakin banyak peminatnya yaitu belanja online. Di mana, kita akan dimudahkan dengan layanan secara online atau daring dalam berbelanja.

Layaknya ketika mengunjungi pertokoan di mall, pembeli akan diperlihatkan beberapa koleksi yang dimiliki oleh penyedia layanan. Ada beberapa pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembeli, tinggal klik pada menu pilihan, maka barang yang dicari pun akan muncul otomatis sesuai persediaan. Ketika sudah menemukan barang yang diinginkan, pembeli tinggal memasukkannya dalam keranjang belanja, untuk kemudian melakukan transaksi pembayaran. Pembeli dan penjual tidak perlu bertatap muka secara langsung, namun masih bisa berkomunikasi via chating.

Kecenderungan masyarakat untuk belanja online, didukung pula dengan banyaknya situs web belanja online. Bagai wabah yang menjangkiti berbagai lapisan masyarakat, e-commerce baru bermunculan dengan ciri khas masing-masing. Oleh karena itu, sebagai pembeli kita pun harus jeli serta teliti, dalam memilih situs web mana yang kiranya sesuai dengan selera, kebutuhan dan pastinya terpercaya.

Terlebih di saat moment tertentu, seperti tahun baru, natal, ramadhan serta hari besar lainnya, berbagai promo menarik ditawarkan secara variatif. Hal itu dipengaruhi juga dengan adanya persaingan pasar antar sesama e-commerce; mulai dari diskon hingga 80%, cashback, gratis ongkir, point reward, bonus produk, hingga cicilan 0% bagi pengguna kartu kredit, diumumkan secara meluas.

Hal itu tentu disambut baik oleh masyarakat atau warganet yang gemar berburu barang diskon serta murah. Apalagi ketika promo ramadhan, daya beli masyarakat meningkat melebihi bulan lainnya. Terbukti berdasarkan riset dari agregator e-commerce ShopBack, bahwa selama bulan Ramadhan tahun 2018, rata-rata warganet menghabiskan Rp 1,2 juta untuk berbelanja online. Bahkan presentasenya bisa meningkat tiap tahunnya.

Belanja saat ada promo belanja online memang begitu menarik dan bisa bikin kalap, namun kita juga harus bijak dalam membelanjakan uang atau harta yang didapat. Jangan sampai karena tergiur dengan harga murah, maka pengeluaran menjadi tak terkendali, belanja pun diperbanyak. Padahal itu termasuk pemborosan yang dilarang oleh Allah SWT, sesuai firman-Nya : "Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan." (Al-Isro' : 26-27).

Jadi, manfaatkanlah promo belanja online sebaik mungkin dan batasilah pembelanjaan sesuai dengan kebutuhan yang penting saja.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama