Membasmi Ketombe Luar Dalam

"Kamu kenapa garuk-garuk kepala gitu?" tanya Ella, ketika melihatku menggaruk rambut yang terbungkus oleh jilbab.
"Tau nih, padahal kemarin udah keramas."
"Ketombean kali." tebak Ella.

Benar saja, setibanya di rumah kulihat butiran putih bagai salju berjatuhan dari kepala yang tengah kugaruk, rambut pun mudah rontok. Betapa tidak nyamannya mengalami permasalahan rambut akibat ketombe, karena kepala akan menjadi gatal terus-menerus. Sebenarnya, rambutku tidak sering berketombe kecuali ketika keramas tidak teratur atau gonta-ganti produk shampo.

Credit
Dilansir dari buku 'Rahasia Tampil Cantik' karya Mediana F. & E.Kristin N, ketombe disebabkan oleh pertumbuhan mikroorganisme di kulit kepala. Mikroorganisme ini muncul karena zat-zat kimia seperti shampo dan minyak rambut yang tertinggal di kulit kepala. Jika rambut dalam keadaan berminyak, mikroorganisme ini akan tumbuh semakin banyak sehingga bisa menyebabkan kerontokan rambut.

Selain faktor dari luar, ketombe pun bisa muncul oleh sebab faktor dari dalam, seperti sering mengkonsumsi makanan tinggi gula, pedas, atau makanan yang mengandung banyak garam.

Kenali Jenis Rambut

Setelah mengetahui penyebab ketombe, maka yang perlu diperhatikan adalah mengenali jenis rambut dengan ciri sebagai berikut :
1. Jenis Rambut Normal
Cirinya : rambut terlihat sehat berkilau, mudah ditata, dan bentuknya akan selalu terjaga.
2: Jenis Rambut Kering
Cirinya : rambut terlihat kusam, sering kusut, sulit disisir, dan bercabang.
3. Jenis Rambut Berminyak
Cirinya : lebih cepat kotor, berminyak, dan lepek.
4. Jenis Rambut Kombinasi
Cirinya : pada bagian pangkal rambut berminyak, sedangkan bagian batang dan ujung rambut terlihat kering.

Cara Perawatan Rambut Berketombe

Perawatan dapat dilakukan di salon maupun di rumah untuk menghilangkan maupun mencegah ketombe. Kalau di salon, kita tidak perlu repot sendiri karena perawatan yang akan diberikan pun pasti lengkap, mulai dari shampo, creambath, hingga vitamin.

Namun bila ingin melakukan perawatan di rumah pun, bisa kita lakukan sendiri, dengan cara sebagai berikut :
1. Cuci rambut setiap dua atau tiga hari sekali, dengan menggunakan shampo sesuai dengan jenis rambut agar tidak rusak. Jangan sampai rambut kotor dan berminyak akibat jarang dibersihkan. Pastikan buih-buih shampo hilang saat membilasnya, yang merupakan penyebab ketombe. Lalu gunakan conditioner, tapi jangan sampai terkena kulit kepala, karena akan membuat rambut cepat rontok.
2. Untuk ketombe yang membandel, gunakan shampo antiketombe yang mengandung silenium sulfida atau salicylic acid.
3. Ada banyak resep alami yang bisa dicoba untuk menghilangkan ketombe, diantaranya dengan menggunakan gel lidah buaya, minyak zaitun, baking soda, jerik nipis, daun sirsak, bawang merah, dan lainya. Namun bahan alami tersebut terkadang cocok-cocokan, sehingga pemakainnya harus disesuaikan dengan jenis rambutnya.
4. Untuk perawatan dari dalam, konsumsi makanan yang bergizi, terutama buah dan sayur. Penuhi juga asupan vitamin B, seperti telur, keju, dan ikan. Serta jangan lupa minum air putih minimal delapan gelas sehari, untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Nah, itu beberapa tips perawatan rambut berketombe dan cara mencegahnya. Semoga bermanfaat ya... :)



    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama