Buka Puasa Dengan Tambahan Gizi Skippy


Credit
Selama berpuasa, tubuh kita sedang melakukan proses detoksifikasi, di mana racun dalam tubuh akan dikeluarkan secara sempurna. Oleh karena itu, menu berbuka puasa sebaiknya mengandung serat dan gizi seimbang, agar lambung tidak kaget ketika manerima asupan pertama.

Menyantap sayur-mayur di samping buah-buahan, selalu menjadi pilihan yang menyehatkan. Selain dapat meningkatkan kadar glukosa, yang berguna untuk mengembalikan energi dan stamina tubuh, makanan ini pun mengandung serat tinggi yang baik bagi pencernaan. 

Walau harus diakui kebiasaan di rumah selalu menghadirkan gorengan sebagai menu berbuka, sangat sulit dihilangkan. Namun bisa disiasati dengan tambahan sayuran, seperti diolah menjadi bakwan atau pecel sayur (gado-gado di betawi).

Adapun bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat bakwan sayuran yaitu :
1 buah wortel, kupas, potong memanjang
1/2 buah kol, diiris kecil
1 batang daun bawang, diiris kecil
100 gram tauge
250 gram tepung terigu
100 ml air
2 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
garam dan gula pasir secukupnya
Saus kacang : 3 sendok makan Skippy peanut butter, tambahkan 4 buah cabai rawit yang diiris halus, dan air secukupnya, lalu aduk hingga mengental. 


Cara membuat bakwan sayur ;
1. Cuci semua sayuran yang telah dipotong-potong, lalu tiriskan.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam dan gula pasir. Lalu campurkan ke dalam tepung terigu, tambahkan air ke dalamnya, aduk rata.
3. Masukkan sayuran ke dalam adonan tepung, aduk rata.
4. Goreng adonan sampai kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
5. Sajikan dengan saus kacang Skippy.

Sedangkan untuk pecel sayur, bahan-bahannya tidak jauh berbeda dengan resep bakwan sayur. Bahan utamanya aneka sayuran, seperti : kol, kangkung, kacang panjang, dan tauge. Semua sayuran dipotong-potong, selanjutnya dikukus hingga matang. Sajikan dengan siraman saus kacang Skippy di atasnya.


Skippy Peanut Butter cocok dipakai untuk berbagai masakan, baik sebagai olesan roti, bahan kue, maupun saus/sambal. Wajar saja rasanya sangat sensasional, karena komposisinya mengandung 85% kacang tanah, dan kaya akan protein serta vitamin E, sehingga dapat melengkapi asupan gizi selama berpuasa. Yang paling penting, selai Skippy yang diproduksi oleh Hormel Foods berlabel 'Halal'. Ini yang selalu aku cari setiap membeli makanan, sesuai dengan firman Allah SWT : "Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu." (Al-Baqarah : 168)

Jadi, cobalah bereksperimen dengan Skippy Creamy Peanut Butter.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama