Yang Sebaiknya Dilakukan Untuk Mengatasi Kulit Kering

Credit
Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh, yang membutuhkan perhatian ekstra. Jika kulit rusak, bisa jadi bagian dalam tubuh sedang mengalami kekurangan vitamin dan nutrisi. Hal itu tentunya akan menggangu penampilan, yang akan terlihat kusam, bersisik serta kasar. Meskipun ciri-ciri kulit kering biasanya dialami hanya yang berjenis kulit kering, namun tidak menutup kemungkinan bagi jenis kulit normal, berminyak ataupun kombinasi, mengalami hal serupa.

Penyebab kulit kering dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor dari dalam (internal), disebabkan oleh :
1. Pertambahan usia
Semakin bertambah usia seseorang, maka kondisi kulit pun akan mulai menipis dan kering, karena hormon yang berhubungan dengan kesehatan kulit berkurang.
2. Kondisi kesehatan tertentu
Jika kulit bersisik dan kemerahan, mungkin tekait dengan kondisi medis seperti diabetes, dermatitis atopik, psoriasis, atau juga kurang aktifnya kelennjar tiroid.
3. Faktor genetis dan riwayat keluarga
Faktor keturunan, menyebabkan komposisi dan struktur kulit berbeda dengan orang normal.

Sedangkan faktor dari luar (eksternal), yaitu :
1. Perubahan cuaca
Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, cuacanya sedang tidak menentu, kadang panas terik lalu tiba-tiba hujan turun bagai tak mengenal musim. Situasi seperti itu berpengaruh pada tingkat kelembapan udara, karena semakin rendah kelembapan udara maka kulit pun akan semakin terasa kering.
2. Menggosok kulit
Gesekan yang dilakukan berulang-ulang dan keras, dengan menggunakan spons mandi maupun handuk, bisa merusak lapisan kelembapan di permukaan kulit.
3. Pemakaian sabun yang salah
Penggunaan sabun yang tidak sesuai dengan jenis kulit akan menyebabkan kulit terasa kering dan kesat. Yang berarti minyak alami kulit terkikis dan kulit menjadi kering.
4. Mandi dengan air terlalu panas
Temperatur air panas membuat minyak alami kulit mudah hilang dan kulit pun kering.

Jika penyebab kulit kering telah diketahui, kita dapat menghindari sumber penyebabnya agar perawatan pun lebih maksimal. Karena kulit kering sangat rentan dengan penuaan dini, kerutan dan iritasi, tentu juga sangat tidak diinginkan terjadi. Jadi untuk mengatasi permasalahan tersebut bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1. Konsumsi 4 ons ikan berminyak seperti salmon dan 1 ons walnut setiap hari.
Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan salmon dapat memenuhi lemak yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga membuat kulit tidak kusam dan rambut telihat sehat berkilau. Bahkan sedang dalam uji coba untuk pengobatan psoriasis. Selain itu, kandungan lainnya yang tak kalah penting yaitu : protein, kalium, selenium, dan vitamin B12.
Sedangkan kacang walnut bermanfaat untuk menguatkan membran sel kulit, mengunci kelembapan, melindungi kulit dari kekeringan, serta nutrisinya membantu kulit menjadi bercahaya.
2. Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin B3 dan Vitamin C.
Vitamin B3 merupakan nutrisi yang baik bagi kulit, agar kulit tetap sehat dan baik, untuk mengobati jerawat, melembapkan kulit, seta bagus untuk anti-penuaan. Sedangkan kandungan antioksidan pada vitamin C, sangat efektif melawan radikal bebas, mampu menghambat penuaan, dan membantu memproduksi kolagen.
3. Gunakan pelembap tiap kali diperlukan.
Untuk mengunci kadar kelembapan kulit agar terjaga, maka selalu aplikasikan pelembap tiap kali merasa kulit menjadi kasar dan kering. Terutama selesai mandi, di mana kulit masih dalam keadaan bersih serta lembap.
4. Aplikasikan aloe vera.
Kandungan antioksidan aloe vera atau lidah buaya untuk mengatasi kulit bermasalah sudah teruji dan terbukti. Dari berbagai kosmetik yang beredar, menjadikan aloe vera sebagai bahan dasarnya. Itu karena aloe vera memiliki manfaat untuk mempertahankan kelembapan dan mencegah retaknya kulit, dapat membantu menjaga keseimbangan minyak alami di kulit tanpa membuatnya terlalu berminyak, serta dapat melindungi kulit kering dari radikal bebas.
5. Gunakan mayones dan alpukat sebagai masker alami.
Mayones berfungsi sebagai hidrator kulit. Dengan kandungan telur dan minyak zaitun di dalamnya, membantu melembapkan sel kulit kering dan membuatnya tampak lebih awet muda.
Sedangkan pada alpukat mengandung lemak sehat, antioksidan, biotin, dan minyak alami, yang baik bagi kulit sehingga terhindar dari kulit kering dan bersisik.
7. Oleskan petroleum jelly pada kulit kering
Petroleum jelly berfungsi sebagai pelembap kulit dapat mengatasi kondisi kulit yang kering agar lebih lembut.
8. Hindari scrub dari partikel garam dan kacang-kacangan.
Tidak semua jenis kulit cocok dengan partikel yang mengandung garam maupun kacang, sehingga untuk mencegah kulit rusak sebaiknya hindari kedua bahan ini dalam produk perawatan kulit.
9. Konsumsi buah dan sayur.
Kandungan vitamin dan mineralnya baik untuk membuat kulit terlihat sehat dan segar.
10. Minum air putih minimal 1,5 liter sehari.
Minum air putih yang cukup dapat terhindar dari dehidrasi, sehingga kulit tidak kusam dan kering.
11. Konsumsi suplemen yang mengandung fatty acid dari ekstrak ikan cod dan alpukat.
Manfaat ikan cod dan alpukat dapat membuat kulit tetap lembap dan mencegah kerusakan akibat sinar matahari.

Referensi ;
1. https://www.alodokter.com
2.https://www.merdeka.com/sehat/walnut-kacang-imut-dengan-segudang-manfaat.html
3. http://www.itjeher.com/kecantikan/16432/atasi-kulit-kering-dengan-lidah-buaya/

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama