Multifungsi Taman Kota Surakarta

Pemandangan alam dengan pepohonan rindang yang meneduhkan mata, akan terasa sejuk dan segar di pernapasan kita, apalagi dilengkapi fasilitas yang memanjakan tubuh dan jiwa, tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa pun yang ingin rileks menikmati waktu senggangnya. Dengan berwisata (travel) bisa kita lakukan untuk lebih mendekatkan diri pada keindahan alam yang hijau nan alami.

Jawa Tengah, salah satu kepulauan di Indonesia yang menawarkan berbagai objek wisata dengan pemandangan yang sangat menakjubkan, mulai dari air terjun, laut, pegunungan, agrowisata atau perkebunan, dan wisata-wisata keren lainnya. Salah satu tempat yang tidak kalah menarik dan unik adalah Taman Balekambang, salah satu wisata di Kota Surakarta yang menyuguhkan berbagai tanaman langka dan taman air, dengan konsep perpaduan antara Jawa dan Eropa.


Untuk memasuki Taman Balekambang, wisatawan tidak dipungut biaya (tiket masuk), hanya ada tarif parkir untuk kendaraan. Adapun di taman ini terdapat dua area wisata, Taman Air Partini dan Hutan Kota Partinah. Penggunaan nama keduanya disesuaikan dengan kedua puteri KGPAA Mangkunegara VII, yaitu GRAy Partini Husein Djayaningrat dan GRAy Partinah Sukanto.

Lokasinya dekat dengan Stadion Manahan Solo, dengan luas 9,8 ha. Di sini kita akan disambut dengan rerimbunan pohon langka, seperti kenari, beringin putih, beringin sungang dan apel coklat. Sepanjang mata memandang, akan terlihat tempat-tempat teduh dengan pohon yang berusia ratusan tahun menjulang ke atas. Tidak hanya pepohonan langka yang dipelihara, kehadiran monyet-monyet kecil, rusa dan angsa, juga menjadi hiburan menyenangkan bagi anak-anak dan orang tua. Bersama keluarga kita menikmati waktu santai yang berkesan, dengan berwisata sambil mengenal bermacam pohon, binatang dan tempat bagus yang mempunyai nilai sejarah.


Fasilitas penunjang pun tersaji, dengan adanya perahu kayuh yang digunakan untuk mengitari taman air, kereta kuda dan mobil-mobilan yang dijadikan sebagai sarana keliling hutan kota. Jadi jika merasa lelah berkeliling dengan berjalan kaki, kita bisa menikmati fasilitas-fasilitas itu dengan biaya yang sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp 10.000,-. Kita juga bisa menjajal outbond atau bahkan menikmati pemandangan alam sambil menggunakan internet secara gratis. Dan dengan dibangunnya teater terbuka, bisa disaksikan pertunjukan ketoprak yang akan menambah kemeriahan acara liburan bersama teman atau kerabat.



Taman Balekambang sebagai wujud dari taman multifungsi, karena tidak hanya dijadikan sebagai paru-paru kota, taman ini juga berfungsi sebagai taman seni dan budaya, taman botani, taman edukasi dan taman rekreasi. Dimana mempunyai latar belakang yang mengandung nilai sejarah, yang terpatri melalui patung dan nama dari taman tersebut.

Taman ini sebuah bentuk karya cipta yang harus dilestarikan dan dilindungi, agar bisa dinikmati oleh generasi penerus sebagai warisan alam dan budaya masyarakat lokal. Adanya berbagai faslitas pendukung dan bermacam sarana hiburan dan edukasi, tentu akan menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung ke Taman Balekangkang. Terlebih lokasinya yang mudah diakses dengan transportasi umum, tidak jauh dari Terminal Bus Tirtonadi dan dekat pula dengan Stasiun Balapan. Hal itu akan memudahkan wisatawan menemukan taman kota, untuk sekadar menikmati keindahan alam nan mempesona secara gratis.


Referensi :
- http://id.wikipedia.org/wiki/Taman Balekambang
- http://tentangsolo.web.id/taman-kota-balekambang.html
- http://intisari-online.com/read/wisata-murah-meriah-di-balekambang-solo



1 Banner Jan-Feb 2015.jpg




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama