Tunik Seorang Muslimah

Fashion wanita selalu berkembang dan berganti seiring dengan perubahan yang ada. Selera dalam berpakaian pun berbeda-beda, ada yang casual, feminim, simple, sporty, dan lainnya. Banyak istilah asing yang akan ditemukan ketika sudah membahas dunia fashion. Salah satu trend yang sedang berkembang yaitu jenis tunik. Pakaian jenis tunik ini memiliki desain longgar dan menutupi sebagian besar bagian badan. Tunik identik dengan pakaian muslimah karena modelnya yang tertutup dan tidak ketat di badan. Meskipun sebenarnya cocok bagi siapa saja, karena bisa dipakai dalam berbagai moment. 

Tunik bisa dikenakan untuk berbagai situasi, baik untuk sehari-hari maupun acara formal. Dikutip dari Seruji.co.id, ada beberapa jenis tunik yang bisa dipadupadankan dengan gaya busana kita. Yuk intip :

1. Simple Tunik
gb.1
Jenis tunik ini memiliki model yang simple dan casual, sehingga cocok dipakai untuk sehari-hari, baik untuk acara formal maupun semi formal.

2. Tunik Chiffon

Gb.2
Terbuat dari bahan chiffon yang soft, dengan tambahan motif dan gradasi warna yang cocok, membuat penampilan semakin menarik.

3. Tunik Peplum

Gb.3
Cocok bagi yang fashionable dan menyukai gaya feminim, yang digunakan untuk sehari-hari.

4. Tunik Asimetris

gb.4
Bentuknya asimetris membuat penampilan semakin fashionable.

5. Tunik Vest atau Tunik ala Rompi
Gb.5
Aksen rompi pada tunik, membuat penampilan terlihat elegan namun dengan sentuhan ala boyish.

Warna-warni dunia fashion seakan tidak pernah mati, kilaunya menerangi seiring gerak langkah para model di catwalk. Berbagai mode serta pemilihan bahan kain kian bervariasi. Penampilan orang pun semakin berubah. Akan tetapi, sebagai seorang muslimah tentu kita harus bisa memilih pakaian yang sesuai syari'at Islam. Firman Allah SWT : "Hai anak Adam, Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan." (QS. Al-A'raf : 26).

Dalam Islam, ada 4 prinsip dasar yang menentukan kita dalam berpakaian ;:
1. Tutup aurat.
Menutup aurat merupakan prinsip pertama yang harus diperhatikan. Aurat perempuan adalah seluruh badan, kecuali dua telapak tangan dan wajah. Jadi gunakan pakaian yang dapat menutup selutuh aurat kita.
2. Tidak transparan.
Dilarang menggunakan bahan transparan atau tembus pandang atau menerawang, yang masih kelihatan bentuk tubuh atau auratnya.
3. Tidak ketat.
Bahan lain yang harus dihindari yaitu ketat, yang menempel di badan sehingga memperlihatkan lekuk tubuhnya.
4. Tidak menyerupai lawan jenis.
Tidak diperbolehkan bagi perempuan untuk berpakaian menyerupai laki-laki, begitupun sebaliknya.

Tunik pada umumnya sudah menutup aurat, baik dari segi bahan dan model yang menutup aurat, jadi tinggal si pemakai untuk memadupadankannya sesuai jati diri seorang muslimah.



#Day_12
#30HariKebaikanBPN


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama