Kamis, 19 Maret 2015

Pengen ke Lombok, tapi...

Sampai saat ini keinginan itu masih tersimpan rapi, membayangkan diri benar-benar berada di sebuah pulau impian. Merasakan hembusan angin yang berdesir sepoi, menikmati indahnya terumbu karang dan ikan warna-warni yang berenang bersama dan menyusuri keindahan pantai yang memukau. *mulai melamun*

Hal ini dipicu karena outing yang diadakan perusahaan awal tahun 2012 lalu. Betapa bahagianya kami pada saat itu, mendengar tujuan liburan kali ini adalah Lombok. Berbagai persiapanpun dilakukan hingga mencapai 80%. Mengingat Lombok berada di Nusa Tenggara Barat, tempat paling jauh yang kutandangi pertama kali, memunculkan rasa ingin tahu yang mendalam di hati. Apalagi Ai, temanku bilang Lombok adalah pulau indah yang mengagumkan, pantainya bersih, terumbu karangnya menawan, sunsetnya eksotis dan seterusnya... Dia bercerita seperti sedang memprovokasiku. *'kan bikin orang mau datang ya...?*

Jadi daripada ada yang mengganjal dalam hati dan buta sama tempat tujuan, sebelum berangkat aku gencar mencari tahu beberapa keunikan yang ada di Lombok. Dan ini dia hasilnya :

Pantai Senggigi


Di pantai ini ombaknya tidak terlalu besar, sangat cocok dijadikan tempat untuk bersnorkeling. Airnya juga jernih dan bersih, sehingga bisa terlihat keindahan laut yang alami serta kehidupan bawah laut yang menawan. Pantai Senggigi salah satu tempat paling digemari wisatawan, dengan garis pantainya yang panjang, menyuguhkan pasir pantai dengan warna gradasi dari hitam ke putih.

Aktivitas yang biasa dilakukan, selain bersantai dan berjemur, juga untuk jogging. Hal itu menjadi pemandangan yang tidak asing, tapi menyenangkan. Yang keren yaitu ketika menyaksikan sunset, dengan latar pemandangan lautan lepas, disertai gagahnya Gunung Agung yang menjulang di kejauhan.
Pasti akan terlihat anggun dan mengesankan, menyaksikan semburat kemerahan tenggelam di lautan dalam. Serasa di awang-awang. *abaikan*

Air Terjun di Batu Karang
 
https://log.viva.co.id

Bentuk pantainya menyerupai teluk, dengan warna pasir putih yang bulat kecil seperti merica. Tempat ini dinamakan pantai Nambung. Airnya berwarna biru kehijauan, menandakan masih alami dan bersihnya pantai ini. Gugusan tebing-tebing cadas menghiasi pantai, seakan menjadi bingkai akan keindahan yang tercipta.

Di pesisir pantai, terdapat tumpukan batu karang besar, yang menyemburkan air dari tengah-tengahnya. Pemandangan itu, bagaikan air terjun yang mengalir dari dalam bebatuan tersebut. Sungguh, pemandangan yang unik dan mengagumkan. Tetapi, untuk melihatnya kita harus menunggu adanya deburan ombak besar, dimana alirannya akan menghempas batu dan bermuara di sebuah kolam kecil.

Gili Trawangan


Sebuah pulau kecil dengan panjang 2 km dan lebar 1,5 km. Lanskap pantainya menawan, air lautnya berwana biru jernih, dan berpasir putih. Di samping itu, yang lebih mengagumkan adalah pulau ini bebas polusi dan asap kendaraan, karena adanya larangan aktivitas kendaraan bermotor. Sehingga kita bisa menyusuri pulau dengan berjalan kaki, atau menyewa sepeda, naik cimodo (delman), yang disediakan di sana.

Di sini, kita dapat bersnorkeling atau pun diving, dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Terdapat beberapa spot penyelaman, dengan keunikannya masing-masing. Keindahan alam bawah laut di Gili Trawangan terkenal sangat mempesona, ditambah adanya satwa langka, yang dapat kita lihat pada kedalaman 10-20 meter saja dari permukaan laut. Salah satu biota laut yang dapat kita jumpai yaitu penyu hijau.

Gili Trawangan merupakan tempat favorit para wisatawan. Jadi, tidak salah bila perusahaan memasukkannya dalam list persinggahan. Untuk menghabiskan malam ala 'romantic dinner', dengan suguhan BBQ dan iringan musik yang menghibur.
Wah, membayangkannya saja membuat mata berbinar, apalagi menikmatinya langsung, mungkin akan membuat hati dag dig gup... *_*

Sunset di Gili Tawangan juga sangat indah nan memukau, bisa dibilang salah satu sunset terbaik. Di sini kita bisa bersantai, sembari menyaksikan dari kejauhan kemegahan Gunung Rinjani dan Gunung Agung.

Wisata Kuliner
Kita pasti sudah tidak asing dengan beberapa makanan yang ada di Lombok, karena dengan mudahnya bisa dijumpai di daerah-daerah lainnya, termasuk Jakarta. Seperti ayam bakar taliwang dan pelecing kangkung. Tetapi, tentu saja memiliki rasa yang berbeda dari daerah aslinya. Penggunaan rempah dan bahan dasar makanan, hanya ada di Lombok. Hal inilah yang menjadikan cita rasanya khas dan tidak bisa ditiru daerah lainnya.

Sebut saja masakan bebalung, sate tanjung, nasi balap puyang, semuanya di masak dengan menggunakan rempah-rempah khas lombok, dengan rasa pedas khas Lombok yang menggugah selera.

Oleh-oleh Khas
Tidak afdol rasanya bila berkunjung ke daerah tertentu, tidak membeli cendera mata, sebagai buah tangan atas kunjungan kita. Dan oleh-oleh yang ada di Lombok, tentu tidak mudah kita temukan di tempat lain, bahkan mungkin tidak ada yang menyamai.

Jadi, jika sedang berada di daerah tertentu, apalagi tempatnya jauh dari tempat asal kita, sebaiknya usahakan membeli sesuatu. Dan ini oleh-oleh yang bisa dibeli di Lombok : songket, kain batik sasak, kaos lombok, furniture dari rotan atau bambu, madu sumbawa, kalung mutiara, dan dodol rumput laut, .

Lombok, Masih Impian
Setelah melihat semuanya sudah okey, tinggal berangkat, membuat hati semakin merekah (padahal menjelang keberangkatan, aku sempat sakit).

Pada hari H, ternyata badanku masih merasa lemas. Tapi demi melihat Lombok, aku paksakan diri untuk ikut. *liburan gratis, siapa yang nolak ;)*

Kami berangkat dari Jakarta menuju Bali. (Katanya sih transit sebentar sekalian melihat Kuta, *biar nggak dibilang sombong ama Bali* lalu lanjut naik Ferry ke Lombok). Tetapi setibanya di bandara Ngurah Rai, kami merasa dirugikan. Kabarnya, ombak di lautan lagi tinggi-tingginya, sangat ekstrim buat dilalui. Seperti anak ilang, para karyawan menunggu hasil rembukan para 'tetua' di parkiran. Setelah berjam-jam lamanya, disepakatilah untuk mencoret nama Lombok dari daftar liburan dan merefund semua kegiatan yang sudah dibayar di sana.

What ????
Oh Lombok, namamu telah terpatri dalam khayalku. Nyesel sih nggak, tapi nyeseknya masih kerasa.
Apalah mau dikata, kalau cuaca tidak menghendaki pertemuan kita, aku hanya bisa berpasrah. *gigit bibir*

terdampar di Bali
Sejak itulah aku pengen banget ke Lombok, masih tersisa penasaran. Sayangnya, sampai sekarang tabunganku belum mencukupi. Hikxs ;(
Semoga kesempatan masih membukakan peluang untukku menyambangimu, dan sampai nanti kedatanganku jagalah selalu keindahan dan pesona alamiahmu, Lombok.


Sumber :
- http://www.initempatwisata.com/wisata-indonesia/lombok/
-http://travel.detik.com/ead/2014/08/09/112000/2652548/1025/unik-pantai-di-lombok-punya-air-tejun-di-batu-karang


"Diikutsertakan dalam #TantanganMenulis | Tema : tempat yang ingin sekali kamu kunjungi."

5 komentar:

  1. gili trawangan kayanya yang banyak terkenal :D dan saya sering liat di tv tv :D

    BalasHapus
  2. iya, udah sering di eksplor. syangnya bru bsa lihat via gambar2 aja... hehehe

    BalasHapus
  3. Liburan ke Lombok yukk, sebuah pulau yg menyimpan sejuta pesona, panorama pantai dengan pasir putih merica akan membuatmu ngga pengen pulang :D

    belum lagi gili gili (pulau kecil) nan indah ditengah lautnya, cek aja profile saya buat liat2 photonya (Y)

    BalasHapus
  4. Pingin nanjak ke rinajani, tapi bingung cari poter. Ada saran dan kontak poter ?

    BalasHapus
  5. Saat ini sepertinya liburan ke LOmbok jadi lebih mudah sis, karena sudah ada bandara internasionalnya.. tidak harus lewat jalur laut dan darat.

    BalasHapus