Tingkatkan Ibadah Selama Puasa Agar Berkah

gb. dari sini
Moment Ramadhan banyak digunakan umat Islam untuk memperbaiki kualitas ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dikatakan bahwa akan mendapat pahala berlipat ganda, bagi yang mengerjakan perintah-Nya serta meninggalkan larangan-Nya. Sehingga tidak sedikit umat Islam yang berlomba-lomba melakukan kebaikan, memperbanyak amalan-amalan, serta meningkatkan ketakwaan. Semua orang tentu mengharap surga yang dijanjikan dan sangat takut apabila mengingat neraka atas dosa-dosanya.

Pada bulan Ramadhan terdapat satu malam yang istimewa di dalamnya, jika kita beribadah dengan sungguh-sungguh maka itu lebih baik dari seribu bulan. Itulah malam Lailatul Qadar. Sebelum itu, sebaiknya amalan-amalan lainnya ditingkatkan, supaya puasa yang dijalankan lebih afdhol dan memberikan keberkahan, sebab bulan puasa adalah bulan yang mulia.

Shalat 5 Waktu Berjama'ah
Shalat berjama'ah lebih baik dibanding dilaksanakan sendiri, namun bagi perempuan tidak harus di masjid, di rumah pun tidak apa-apa. Shalat merupakan amal perbuatan pertama kali yang akan dihisab di akhirat kelak, maka harus dikerjakan dengan sebaik-baiknya, bila perlu lengkapi juga dengan shalat rawatib. Nabi SAW bersabda : "Siapa yang menjaga shalat lima waktu, baginya cahaya, bukti dan keselamatan pada hari kiamat. Siapa yang tidak menjaganya, maka ia tidak mendapatkan cahaya, bukti, dan juga tidak mendapat keselamatan. Pada hari kiamat, ia akan bersama Qorun, Fir'aun, Haman, dan Ubay bin Kholaf." (HR. Akhmad).

Qiyamul Lail
Shalat malam yang dikerjakan di malam hari setelah shalat wajib, terdiri dari shalat tarawih, tahajud, hajat, witir atau lainnya. Sabda Rasulullah SAW : "Wahai manusia, tebarkan salam, berilah makan, sambunglah tali silaturahmi dan shalatlah di malam hari saat manusia tertidur, niscaya kalian akan masuk ke dalam surga dengan selamat." (HR. At-Tirmidzi).

Tadarus Al_-Qur'an
Perbanyak baca Al-Qur'an dan pahami maknanya untuk meningkatkan keimanan kita. Rasulullah SAW bersabda : "Bacalah Al-Qur'an, karena ia akan datang pada hari kiamat memberikat syafaat kepada pembacanya." (HR. Muslim) 

I'tikaf di Masjid
Allah SWT sangat menyukai orang yang di malamnya dapat menghidupkan masjid, di mana setiap orang akan berlama untuk berdzikir, bertaubat, berdoa dan beribadah hanya kepada-Nya. Firman Allah SWT : ".....kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri'tikaf di dalam masjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa." (QS. Al-Baqarah :187).

Melakukan Sedekah
Selain beribadah kepada Allah SWT, kita pun dianjurkan untuk berbuat baik kepada orang lain. Membantu orang yang membutuhkan pertolongan, salah satu cara mendapat keberkahan dengan bersedekah. Sebagaimana dalam hadits yang berbunyi : "Sesungguhnya Allah SWT Maha Memberi, ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, ia membenci akhlak yang buruk." (HR. Al-Baihaqi)




#Day_19
#30HariKebaikanBPN

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama