Kue Tradisional Sebagai Hidangan Lebaran

Kue kering
Makanan waktu lebaran selalu mempunyai ciri khas yang berbeda dengan hari lainnya. Itulah salah satu istimewanya lebaran, banyak makanan yang difavoritkan tersaji. Barangkali kalau selalu ada di hari yang lain, namanya makanan sehari-hari...hehehe, jadi tidak spesial lagi, bahkan bisa jadi bakal membosankan.

Sebut saja kue kering; nastar, putri salju, kastengel, atau kue kering lainnya. Sangat sulit ditemukan di hari biasa, namun saat Idul Fitri banyak yang menjualnya. Sehingga butuh penantian yang cukup lama hanya untuk menikmati makanan ini, apalagi kalau tidak bisa bikinnya.

Kue saat lebaran memang banyak macamnya, mulai dari yang rasa manis, asin, atau gurih, semuanya lengkap dan memenuhi meja tamu. Kalau di tempatku, kue seperti nastar tidak begitu mendominasi, sebab makanan tradisional masih dilestarikan.

1. Stik Balado


Snack ini pasti selalu diburu kala lebaran tiba, sebab rasanya yang gurih dan renyah seperti 'fresh from the oven', berbeda bila diproduksi di hari biasa. Selain cocok dijadikan camilan saat perkumpulan keluarga, stik yang dibalut dengan bumbu balado ini banyak disukai.

2. Kuping Gajah


Makanan ini mempunyai rasa manis dan renyah, dengan motif bentuk bulat. Meski merupakan makanan tradisional, namun masih tetap bertahan di pasaran dan banyak penimatnya. Selain rasanya enak, makanan yang terbuat dari tepung terigu ini tidak mengandung pengawet tapi awet (tahan lama) karena menyerupai kripik.

3. Gipang


Kue yang terbuat dari beras ketan dengan toping kacang tanah ini mempunyai rasa manis dan renyah. Sudah menjadi makanan wajib, apalagi kue khas dari daerah sendiri. Meskipun banyak penjualnya, tapi di tempat langganan biasa beli memproduksinya hanya di bulan Ramadhan. Rasanya tentu berbeda dengan yang di pasaran, sebab semua bahan-bahannya selalu dipilih kualitas terbaik. 

4. Sagon


Kue tradisional dengan bentuk persegi ini terbuat dari tepung ketan dengan campuran kelapa parut, sehingga mempunyai cita rasa yang renyah dan manis. 

5. Babon


Sama seperti kue sagon dan gipang, makan tradisional ini mempunyai rasa manis dan renyah. Terbuat dari tepung sagu dan tepung terigu.

6. Bolu Kering (bolu kuwuk)


Sebenarnya saya kurang begitu suka kue ini, namun selalu ada kalau lebaran tiba. Bolu kering ini pembuatannya mirip seperti bolu biasa, hanya bentuknya menyerupai kuwuk (kulit kerang), rasanya manis dan empuk. 

Meskipun banyak kue dan hidangan yang tersaji saat lebaran, tapi yang selalu dicari dan diminati tetap saja bakso...😁 



#Day_27
#30HariKebaikanBPN

1 Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama