Menggapai Job Review Melalui Blog




Menjadi blogger sebetulnya bukan cita-cita. Berawal dari kecintaan terhadap dunia literasi, seringnya cuhat di buku diary, hingga perkembangan teknologi membawaku dalam dunia blogger. Berbeda ketika di buku, segala tulisan di blog akan dibaca oleh khalayak umum sehingga terkadang saya harus membatasi kata-kata yang tidak pantas digunakan. Ada rambu-rambu yang harus dipatuhi ketika memposting tulisan di blog, jangan sampai menimbulkan kesalahpahaman kepada pembacanya.

Blog itu seumpama rumah bagiku. Tamu yang berkunjung harus dibuat nyaman dan betah berada di dalamnya, dan ketika pergi pun harus meninggalkan kesan yang berarti, sehingga merasa seperti keluarga yang hendak berpisah. Banyak ilmu dan pengalaman yang saya peroleh melalui blogwalking. Tidak jarang saya temui pula tempelan iklan menghiasi blog tetangga. Dan baru saya tahu, ternyata itu diperoleh dari Job review.

Sebagai pemula barangkali saya akan kesulitan mendapat job review tersebut, yang biasa dberikan bagi blog yang memiliki pagerank besar dan traffic yang bagus. Tetapi berdasarkan pengalaman blog tetangga, dengan rajinnya posting konten yang berkualitas dan menarik, akan berdampak pada pengunjung blog dan dapat meningkatkan traffic, yang kemungkinan akan dilirik pemasang iklan.

Suatu kebanggan bagi blogger bila banyak pengunjung akan berefek pada tawaran job review. Jadi, selain konten blognya disukai banyak orang, juga dapat menghasilkan fee dari iklan yang mempercayainya. Tentu ini menjadi motivasi bagi saya untuk rutin menulis (kalau bisa hal-hal yang bermanfaat dan menginspirasi orang banyak).
*Hanya dengan menulis terus menerus, saya juga akan dapat memperbaiki kualitas tulisan menjadi lebih baik lagi sehingga pengunjung pun merasa puas*

Tidak dipungkiri, betapa inginnya seseorang memperoleh penghasilan dari sesuatu yang ditekuninya, apalagi itu sebuah hobi. Adanya iklan yang terpasang di blog, berarti mendapat penghasilan dari job review. Fee yang diterimapun bervariasi, dapat membantu kita dalam memenuhi Kebutuhan Keluarga serta mengisi Perlengkapan Rumah.

Setelah blog dipercaya untuk dipasangi iklan, maka kita pun harus mempertanggug jawabkannya dengan konsisten menulis secara berkala, berisi konten yang tidak menyinggung pihak manapun dan bahasa yang digunakan ringan namun menarik, sehingga apa yang ditulis akan sampai di hati pembacanya.

Dengan berbagai keuntungan yang didapat dari ngeblog, semoga bisa lebih termotivasi untuk menulis secara teratur dan mempromosikannya di media sosial. Walaupun hanya bentuk curhatan, yang penting tulisan asli buatan sendiri (bukan copas), saya yakin akan lebih berguna karena berani untuk berbagi.


"Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog "Blogger dan Job Review" oleh Petrus Andre yang didukung oleh Ajeng Angelina dan Elisa Fariesta."

1 Komentar

  1. Aku ngefans salah satu blog kece yang suka dapet iklan banyak, diundang ke LN dll... dan isinya curhatan, diari gituuu.. jadi yaaa selow aja kalau blognya isinya curhatan hihihi XD

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama